Programmes & Courses / MM-CSR / Regular Seminar / 01

How Social Entrepreneurs make Money / 01

Wednesday, 23 August 2017

Dalam seminar yang diselenggarakan pada tanggal 23 Agustus 2017 lalu, Leon banyak menjelaskan contoh-contoh Model Bisnis Sosial yang bisa diterapkan di Indonesia. Selain itu, beliau juga banyak memberikan tips & trik apa saja yang harus dilakukan disaat kita ingin membentuk business model dari bisnis sosial yang sedang kita jalankan. Reguler seminar ini difasilitatori oleh Dr. Maria Nindita Radyati, Founding Director dari MM-CSR Universitas Trisakti, yang berjalan sekitar 2,5 jam, dimulai pukul 18.30 hingga pukul 21.00.

Leon adalah pendiri dan Managing Director dari Impact Hub Berlin dengan tugas utamanya yaitu seputar pengembangan bisnis dan kemitraan. Dia sebelumnya bekerja untuk sebuah konsultasi di sektor social entrepreneur dan mengelola inkubator untuk para social startups. Selain itu, Leon juga mengembangkan kompetensi mengajarnya melalui kursus Social Entrepreneur untuk berbagai universitas dan mendirikan Social Entrepreneurship Education Network untuk menghubungkan para pendidik di lapangan. Leon memegang gelar master dengan konsentrasi International Development & Economics dari University of Vienna.

Impact Hub sendiri adalah sebuah Innovation Lab (Inkubator bisnis) dan juga pusat komunitas untuk perusahaan sosial. Impact Hub menawarkan anggotanya sebuah ekosistem mulai dari sumber daya, inspirasi, dan kesempatan berkolaborasi untuk menghasilkan dampak positif dari pekerjaan mereka. Disini, kami percaya bahwa permasalahan di dunia tidak akan pernah terselesaikan oleh satu orang atau organisasi saja. Kita perlu bekerja sama. Itulah sebabnya, kami mulai menciptakan inovasi dimana orang akan berkolaborasi dari berbagai organisasi, budaya, dan generasi untuk memecahkan tantangan terbesar pada saat ini.

Pada akhir seminar, Leon mengencourage para peserta untuk berani menjalankan bisnis berbasis inovasi sosial dengan melakukan kolaborasi dari masing-masing ahli dibidangnya. Menjalankan bisnis sosial adalah hal yang sangat susah, karena mempunyai lapisan yang cukup kompleks dibanding membangun sebuah perusahaan pada umumnya. Namun, jangan terpaku pada model & rules yang ada saat ini, justru lakukan yang terbaik untuk mencapai tujuan anda. Karena, bisnis sosial-lah yang jika dijalankan dengan baik, akan memberikan impact positif yang luar biasa pada kehidupan kita.

Investasi Sosial yang InovatifInvestasi Sosial yang Inovatif / 02

Agak berbeda dengan sebelumnya, seminar reguler yang digelar MM-CSR Universitas Trisakti di Menara Batavia, Jakarta, pada 3 Desember 2016 ini membahas materi tentang investasi sosial yang inovatif berkaitan dengan pengungsi dan pencari suaka politik. Paparan ini disampaikan oleh Nikola Borosch M. A dari University of Muenster, Jerman.

Read More
Manfaatkan Big DataManfaatkan Big Data / 03

Program MM-CSR Universitas Trisakti menampilkan Francesco Mazzeo Rinaldi dari University of Catania, Italia, pada seminar reguler yang digelar 21 September 2016 di Kampus MM-CSR Universitas Trisakti, Menara Batavia, Jakarta. Francesco adalah ahli di bidang sociobiology, qualitative social research dan quantitative social research.

Read More
Design Thinking for Social InnovationDesign Thinking for Social Innovation / 04

Program MM-CSR Universitas Trisakti kembali menggelar seminar reguler bertempat di Menara Batavia, Jakarta, pada 26 Agustus 2016. Kali Ini Bertema Design Thinking For Social Innovation dengan pembicara Anna Laesser, Co-Founder of Impact Hub Berlin, Jerman.

Read More
CSR dan Hak Asasi ManusiaCSR dan Hak Asasi Manusia / 05

Seminar Reguler yang digelar Program MM-CSR Universitas Trisakti pada 28 April 2016 di Menara Batavia, Jakarta, mendatangkan Radu Mares, seorang pembicara internasional dari Swedia. Ia seorang doktor di bidang hukum dari Fakultas Hukum Universitas Lund, Swedia. Saat ini Mares bekerja sebagai peneliti senior di Raoul Wallenberg Institute of Human Rights, Swedia, dengan spesialisasi di bidang bisnis dan hak asasi manusia (HAM). Mares telah melakukan penelitian-penelitian di bidang CSR dan hak asasi manusia dalam konteks UN Guiding Principles.

Read More
LEADERSHIP IN CRISISLEADERSHIP IN CRISIS / 06

Pada Seminar Reguler 13 April 2016 Program MM-CSR Universitas Trisakti mendatangkan Elia Massa Manik, SEVP (Senior Executive Vice President) PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, dalam seminar bertema “Leadership in Crisis". Tema yang sangat tepat untuk seminar reguler kali ini. Maklum, Elia Massa Manik telah berpengalaman memimpin banyak perusahaan dalam melewati masa krisis dan membawa perusahaan tersebut menjadi perusahaan besar dan tangguh.

Read More
Berkolaborasi untuk KeberlanjutanBerkolaborasi untuk Keberlanjutan / 07

Pada tahun 2016 ini dunia menghadapi berbagai risiko yang jika tidak tertangani dengan baik dapat menjadi ancaman secara global. Mulai dari risiko kegagalan dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim, ketidakmampuan menanggulangi krisis air, meningkatnya kerusakan sumber daya alam, berubahnya harga energi secara tiba-tiba, bertambahnya perlombaan sejata, hingga risiko meluasnya konflik regional.

Read More
CSR UNTUK MENCEGAH KORUPSICSR UNTUK MENCEGAH KORUPSI / 08

Suasana Seminar Reguler yang digelar Program MM-CSR Universitas Trisakti malam itu agak berbeda dari sebelumnya. Maklum, tema yang dipilih cukup “panas” untuk saat ini, yakni masalah korupsi. Pembicara pada seminar yang digelar 30 Maret 2016 ini adalah Yuyuk Andriati Iskak, akrab disapa dengan nama Yeye, Pelaksana Harian Kepala Biro Humas Komite Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedangkan materi yang dipilih Yeye bertema."Anti Corruption as Part of CSR".

Read More
BERSAMA MEMBANTU SESAMABERSAMA MEMBANTU SESAMA / 09

Istilah crowdfunding di Indonesia baru dikenal beberapa tahun belakangan ini. Walaupun sudah mulai dipraktikan, bagi banyak orang istilah ini mungkin masih sangat asing.

Read More
Sukses CSR Pertamina EP Sukses CSR Pertamina EP / 10

Program MM-CSR Universitas Trisakti kembali menggelar Seminar Reguler CSR di Kampus Menara Batavia, Jakarta, pada 3 Juni 2015. Tampil sebagai pembicara utama pada seminar yang merupakan sharing pengalaman dalam menjalankan CSR ini adalah Public Relation Manager PT Pertamina EP Muhammad Baron, dan Asisstant Manager Field Lirik PT Pertamina EP Ahmad Jabbar. Lebih dari 30 mahasiswa MM-CSR hadir pada seminar ini.

Read More